Terapi Stress dengan Menulis

KIAT-KIAT MEMUNGUT IDE

Saat saya mengatakan saya tidak memiliki ide serta inspirasi, sebenarnya saya memiliki inspirasi yang begitu besar sehingga saya sulit sekali menerjemahkan inspirasi apa ini? Lalu inspirasi-inspirasi itu berputar-putar di dalam pemikiran saya sehingga membuat saya semakin pusing seperti ingin memuntahkan makanan yang sudah saya telan. Hal itu sangat berpengaruh pada keadaan perut.

Inilah penderitaan saya ketika saya gugup, stress, tidak bisa mengontrol emosi saya pada sebuah keadaan. Kadang yang terjadi hingga kedua telapak tangan saya menjadi basah dan saya rasa sulit untuk memegang sesuatu.

Sedikit demi sedikit saya jabarkan perasaan saya pada sebuah kertas. Saya tulis sedikit demi sedikit kata yang terlintas. Seperti Bosssaaaannnnnn!!!! Bete!!! Harus apa??? Mo Kemana???? Lalu kata-kata itu mengembang dengan sendirinya.

“Bila saya bosan, saya ingin sekali berteriak yang kencang sekali. Tetapi saya khawatir, gadis cantik di sebelah saya yang sedang tidur terlelap akan terbangun. Sehingga saya akan merasa sulit untuk bekerja. Ia tidak akan membiarkan saya bekerja. Apalagi menulis buku yang beberapa penerbit telah memberikan tengat waktu untuk dateline. Ia akan terbangun meminta susu. Dan tidak akan berhenti sampai di situ. Ia akan memintaku bermain dengannya. Membacakan buku cerita, juga mengajaknya bermain bersama Tom Cat, kucing kesayangannya yang selalu meniru-niru setiap pembicaraan orang.”

Dari tulisan singkat di atas, sebenarnya telah banyak ide yang telah terurai satu demi satu. Saya ingin menulis tentang :

1. Bermain bersama anak bayi. Permaianan apa yang biasa kami lakukan. Lalu surfing di internet tentang permainan edukatif.  Bagaimana permainan dapat menjadikan anak menjadi kreatif, aktif dan terarah, dan lain sebagainya.

2. Ide selanjutnya adalah mengenai ASI. Tema Asi memang begitu menjual untuk saat ini seiring kesadaran para ibu untuk memberikan ASI yang memiliki sejuta manfaat. Di sana kita dapat mencari tips-tips yang dapat memperbanyak produksi ASI. Selain dengan makanan, minuman, terapi, pemijatan, juga pola hidup seorang ibu yang sedang menyusui.

3. Tentang menulis buku. Tentu tulisan ini tercipta dalam rangka menulis buku. Misalnya Anda dapat memungut tema 1001 keajaiban menulis, A-Z menulis dan sebagainya.

Nah bila sudah terurai inspirasinya satu demi satu, Anda dapat langsung mengeksekusi rencana penulisan Anda. Misalnya Anda ingin menulis 1001 Keajaiban Menulis. Anda dapat memulainya dengan pertanyaan-pertanyaan yang terbesit pada diri Anda sendiri. Misalnya, Manfaat menulis itu apa? Mengapa orang-orang besar lebih semakin diingat sejarahnya dengan menulis? Siapa orang-orang besar itu?? Dll. Anda dapat membahas semuanya dalam setiap bab.

Nikmati pembahasan bab demi bab. Maka sedikit demi sedikit blank pada kepala Anda mulai berisi dengan pengetahuan-pengetahuan yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Semua ini disebut dengan inspirasi. Tentu banyak sekali inspirasi lain yang datang manakala Anda dapat mengolah stress Anda menjadi sebuah energi yang bermanfaat. Maka jangan sia-siakan energi tersebut.

Salam Kreatif

Badriyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s